Konsultan Manajemen SDM,HRD,Human Resource Management,HRM Consultants

Konsultan SDM,HRD,Human Resource Management,HRM Consultant,Pelatihan Sumber Daya Manusia

Konsultan Manajemen,SDM,HRD,Human Resource Management,HRM Consultant
Konsultasi ISO,SOP,FS, Feasibilty Study,Bisnis Plan,Pelatihan Sumber Daya Manusia ,HR Consulting

Konsultan ISO,Sistem Manajemen Mutu,HR Capital Consultants,ISO9001,HRD,SDM
SOP,ISO9001,ISO Consultants,ISO14001,ISO22000,ISO50001,OHSAS18001,Bisnis Plan

Konsultan Manajemen SDM,Sumber Daya Manusia,HRD, HRM Consultants
SOP,ISO Consultant,ISO9001,ISO14001,ISO22000,ISO50001,OHSAS18001,Bisnis Plan

Archive for the ‘Konsultan Manajemen’ Category

Standard ISO untuk Perusahaan Jasa?

Wednesday, September 4th, 2013

Standard ISO Consultant - Konsultan ISO Indonesia

Sering kali perusahaan yang ingin menerapkan manajemen Standard ISO bingung dan bertanya kepada kami, sebetulnya ada gak sih iso untuk perusahaan jasa ?

Mungkin pertanyaan ini juga sering dilontarkan oleh para pemilik perusahaan jasa yang ingin perusahaannya menjadi bagus, berkembang dan tertata dengan rapi, namun mereka bingung karena Standard ISO yang selama ini dipahami adalah untuk perusahaan manufacture alias pabrik.

pada intinya Standard ISO bisa diterapkan kepada semua Organisasi baik manufaktur (pabrik), maupun perusahaan jasa (seperti trading, jasa kurir, jasa  kontraktor, dll).

Bahkan sebenarnya Standard ISO yang akan diterapkan di Perusahaan Jasa akan lebih mudah dan cepat berhubung model proses bisnisnya lebih sederhana jika dibandingkan dengan manufaktur.

Jika Perusahaan Jasa yang anda miliki mmebutuhkan konsultasi lebih lanjut untuk Standard ISO yang akan diterapkan diperusahaan anda, Silahkan hubungi kami di :

Dengan senang hati kami akan membantu anda…

Perlukah Business Plan / Rencana Bisnis untuk Usaha Anda..?

Wednesday, August 7th, 2013

Konsultan Rencana Bisnis - Business Plan Consultants

BUSINESS PLAN / RENCANA BISNIS

Memulai sebuah usaha atau perusahaan membutuhkan banyak sumber daya seperti sumber daya manusia, keuangan, waktu dan tenaga. Dan dalam bisnis ada orang yang memiliki sifat spekulasi atau trial and eror, ada juga yang hati-hati, ada yang bersifat analisis dan tegas. Bisnis plan adalah sebuah jawaban untuk memulai usaha atau membuat perusahaan dengan bijaksana. Mengapa?

Dalam dunia bisnis, business plan / rencana bisnis bisa digunakan untuk mencari investor untuk mendapatkan suntikan dana atau modal usaha ataupun, dan ini yang paling penting, adalah untuk menjaga track record perusahaan sehingga memiliki arah dan berjalan sesuai dengan target yang diinginkan.

Businesss plan / rencana bisnis  banyak juga disebut perencanaan bisnis, harus mencakup hal-hal berikut:

1. Lembar judul

2. Ringkasan eksekutif

3. Daftar isi

4. Latar belakang masalah dan latar belakang perusahaan

5. Analisa Pasar

6. Analisa Manajemen

7. Analisa Keuangan

8.Lampiran berupa data pendukung dll.

Businesss plan/ rencana bisnis  memperlihatkan tiga hal penting yaitu:

  • Kemana kita akan menuju?
  • Dimana posisi kita sekarang?
  • Bagaimana kita akan menuju tujuan dari posisi kita sekarang?

Untuk informasi lebih lanjut bagaimana membuat  Businesss plan / rencana bisnis untuk Perusahaan anda, silahkan hubungi kami  di :

Konsultan Rencana Bisnis - Business Plan Consultants Indonesia

Hubungi kami:
Business Plan Consultants

Konsultan Rencana Bisnis

Ph : 021-3398 0073 | 021-362 33 226 | info@konsultan-manajemen.com

Ms. Mila (Business Consultants)

Pentingnya Menerapkan Standard Operating Procedure-SOP..!

Tuesday, November 27th, 2012

Konsultan SOP - Standard Operating Procedure Consultants

Standard Operating Procedure-SOP

Pada saat ini masih banyak Perusahaan yang beroperasi tanpa didukung dengan sebuah SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja perusahan. Mereka lebih banyak beroperasi berdasarkan kebiasaan apa yang sudah mereka jalankan bertahun-tahun dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan/ budaya perusahaan tersebut. Tidak hanya terbatas dengan perusahaan dengan skala kecil, perusahaan skala menengah dan besar pun masih ada yang belum memiliki Standard Operational yang baku dan dibakukan pula. Pada umumnya juga perusahaan dengan tipe seperti ini semua system yang ada dan berlaku disana ada dan dicatat dimasing-masing kepala para key person, dimana para key person mungkin sudah bekerja lama untuk perusahaan ini.

Hampir seluruh perusahaan menyadari arti penting dari SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja. Secara umum fungsi  SOP perusahaan,  bukan hanya sebagai alat control tapi juga sebagai alat untuk menjaga konsistensi dari kualitas output perusahaan. SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja harus mampu menjadi alur bagi jalanya perusahaan (how to do) dan bukan sebagai pengalang atau penghambat system manajemen perusahaan. Oleh karena itu SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja tidak bisa sembarangan karena harus dilihat tingkat fleksibilitas dan control perusahaan. Untuk Konsultasi SOP atau sistem prosedur, Kami mendesing sop berdasakan kebutuhan dari perusahaan dan jenis perusahaan.  oleh karena itu SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja di masing-masing perusahaan akan sangat berbeda dan sangat tailor made.

Pembuatan SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja di bidang usaha manufacture atau jasa akan berbeda bahkan SOP di perusahaan dengan industry yang sama bisa saja memiliki SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerjayang berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi karena budaya kerja, system kerja, jumlah karyawan dan banyak factor lainnnya.

Umumnya perusahaan memiliki divisi untuk masing-masing SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja sebagai berikut :

  1. Departemen HRD & GA
  2. Departemen Finance & Accounting
  3. Departemen Marketing
  4. Departemen Purchasing (logistic)
  5. Departemen Produksi
  6. Departemen Operasional

Suatu perusahaan bisa saja memiliki SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja yang terlalu menggelembung dan banyak. Hal ini akan berakibat negative bagi perusahaan dan karyawan disebabkan besarnya SOP akan membengkaknya organisasi. Padahal dalam sisi lain perusahaan ingin adanya efisiensi dan efektivitas.

Membengkaknya  SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja lini disebabkan beberapa hal:

  1. Tidak bagusnya konsultan atau perusahaan dalam mendesign dan mendefinisikan bisnis perusahaan
  2. Tidak memiliki pengalaman dalam mendesign sop yang efisien dan efektif
  3. Tidak memahami bisnis proses departemen
  4. Tidak adanya komitmen untuk menciptakan struktur organisasi dan sop yang efisien dan efektif dari manajemen perusahaan
  5. Dan masih banyak factor lain.

SIEN Consultants adalah perusahaan konsultan dan training manajemen. Berfokus pada perkembangan bisnis pelanggan SIEN Consultants memiliki beberapa divisi konsultasi dan training manajemen. Berdiri sejak tahun 2001 dan berkantor pusat di Tomang, Jakarta Barat, saat ini SIEN Consultants memiliki representative office di Semarang dan Surabaya.

Kami memiliki pengalaman untuk mendesign SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerjamulai dari perusahaan manufacture, jasa, trading, engineering, retail dll  dengan menggunakan standard ISO 9001.

Jasa Pembuatan SOP SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja perusahan kami mulai dari:

  1. sistem prosedur (SOP) HRD
  2. sistem prosedur (SOP) Akuntansi Finance
  3. Sistem Prosedur (SOP) Operasional
  4. sistem Prosedur (SOP) Marketing dan Sales
  5. sistem prosedur (SOP) General Affair (GA)
  6. Sistem Prosedur (SOP) Produksi
  7. dll

Hal-hal positif yang dapat dirasakan dengan sudah adanya SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja diantaranya :

  1. Adanya Standard dan prosedur yang Jelas, Perusahaan memiliki standard operasional yang baku. Dengan adanya prosedur yang jelas dan baku akan lebih lancar aktivitas karyawan semua bagian karena setiap karyawan menjalankan fungsinya masing-masing dan mengetahui dengan jelas apa yang menjadi tanggungjawabnya.
  2. Dokumen yang digunakan sudah Standard, sehingga memudahkan setiap karyawan untuk mengingatnya. Terutama bila perusahaan tersebut besar dan memiliki banyak anak perusahaan kemungkinan seorang karyawan yang dimutasi akan mudah untuk beradaptasi.
  3. Memudahkan dalam mengontrol system ataupun mengetahui jika terjadi kebocoran di perusahaan ataupun untuk menganalisa titik lemah dari perusahaan untuk menjadi bahan koreksi kembali.
  4. Administrasi perusahaan yang lebih rapih.
  5. Langkah kedepannya akan mempermudah perusahaan dalam memperoleh ISO (International Organization for Standarization)

Sistem konsultasi SOP , sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja kami beri maintenance sistem dimana perusahan akan kami dampingi hingga  SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja yang kami design bisa diterapkan di perusahaan dan berjalan.

Idealnya SOP, sistem Prosedur , Standard Operational Procedure, Prosedur Kerja ditangani oleh suatu department sendiri yang khusus menangani masalah ini atau digabung dengan audit internal. Setidaknya jika perusahaan tidak memiliki department sendiri bisa dilakukan oleh tim SOP yang bertugas menjaga sistem ini bisa berjalan sesuai dengan hal jadi standard perusahaan.

TAHAPAN PEMBUATAN SOP

Ada beberapa tahap dimana perusahaan bisa membuat SOP. Ini adalah langkah-langkah sederhana yang bisa dijalankan:

1. Pemetaan Bisnis Proses.

Pemetaan ini dilakukan di tingkat department dan perusahaan sehingga akan memudahkan hubungan antar departemen dalam perusahaan maupun hubungan dalam department itu sendiri.

2. Lakukan interview terhadap key person di departmen untuk mendapatkan informasi yang lengkap.

3. Pembuatan Design SOP. Bisa dilakukan sendiri maupun dengan bantuan konsultan

4. Implementasi SOP. SOP yang sudah dibuat diimplementasikan di masing-masing department kemudian diminta feed back untuk melihat efektivitas dari SOP yang dibuat.

5. Review SOP. Hasil dari implementasi SOP kemudian di review ulang untuk mendapatkan SOP yang pas untuk perusahaan. Ingat masing-masing perusahaan pasti akan berbeda SOP nya meski dalam industri yang sama.

Keberhasilan penerapan SOP sangat tergantung dari Komitment manajemen dan karyawan untuk menjalankan SOP yang sudah dibentuk. Tanpa komitment sia-sia saja Anda membuang waktu dan biaya dalam membuat SOP.

Konsultan SOP - Standard Operating Procedure Consultants Indonesia

Hubungi kami:
Konsultan sop – standard operating procedure Consultants

untuk mendapatkan Penawaran khsusus konsultasi dan penyususunan SOP di perusahaan anda.

Ph : 021-3398 0073 | 021-362 33 226 | info@konsultan-manajemen.com

Ms. Mila (Business Consultants)

Media Komunikasi Strategi Marketing…

Monday, January 25th, 2010

Konsultan Media Strategi Marketing Indonesia

Dunia Industri pasti membutuhkan Strategi Marketing atau strategi pemasaran. Sesederhana apapun bentuknya pasti diperlukan pemasaran. Bentuknya bisa macam-macam bisa lewat dari mulut ke mulut, sampai kepada iklan dan adversiting yang sudah menggunakan digital web.

Memang masing-masing teknik ada kekuatan dan kelemahannya, dan masing-masing produk atau jasa yang Anda tawarkan pasti juga memiliki karakteristik atau strategi sendiri. Bisa jadi lewat strategi dari mulut ke mulut untuk satu produk tidak mempan, namun bisa saja produk lain tidak efektif dalam menggunakan media iklan. Pertanyaanya dimana letak kesalahan dan kekuarangannya?  Mari kita telaah satu persatu.

Kita lihat dari karakteristik produk. Suatu produk pasti sudah memiliki segmentasi, pasar, kelas, harga, kemasan, dan sebagainya yang membuat produk atau jasa tersebut memiliki kekhasan tersendiri. Demikian juga dengan namanya pasar atau konsumen. DI sisi konsumen sudah memiliki “selera pasar” yang mungkin bisa ditangkap oleh produsen suatu produk atau jasa. Bisa juga mereka tidak bisa menangkapnya. Lalu kalau sudah ditangkap bagaimana mengkomunikasikannya?

Media komunikasi produk sangat semakin maju bersama berkembangnya teknologi komunikasi. Dan hal ini juga diiringi oleh customer atau pasar kita dalam mencari informasi atau mendapatkan data yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Lihat saja perkembangan dunia internet! Siapa yang saat ini tidak kenal internet, dan siapa yang tidak menggunakannnya.

Perubahan media komunikasi mau tidak mau mengharuskan para produsen barang dan jasa mampu memberikan informasi cepat, akurat dan bertanggung jawab kepada konsumen sehingga informasi yang dibentuk bisa positive dan sesuai dengan kebutuhan pasar/customer.

Lalu bagaimana mengetahui media komunikasi marketing yang efektif, biaya murah dan dapat mencapai pasar sebanyak-banyaknya?

Pertama tentu harus mengetahui media komunikasi apa saja yang dipakai oleh calon pasar/customer kita untuk mencari informasi produk yang kita tawarkan. Metode ini bisa menggunakan riset sebagai alat bantu, kemudian kita akan mendapatkan sejumlah list media komunikasi yang bisa dipakai oleh calon customer kita.

Apakah dari list itu berbiaya mahal atau sudah murah? sesuai budget perusahaan atau over budget? Kalau masih over atau masih di atas budget yang ditentukan perusahaan harus dicari teknik dan strategi media komunikasi marketing yang lebih cocok.

Bagaimana mencari media komunikasi marketing yang cocok itu? Anda bisa hubungi kami untuk membantu Strategi Marketing memacu dan melebarkan sayap perusahaan dengan baik. Terimakasih.

Kontak Person :

Ms. Mila (Business Consultants)
HP: 0811-299 646  ;  021-362 33 226
email:  mila@sienconsultant.com

Human Resource Capital Management (HRM)

Thursday, August 20th, 2009

Konsultan HR-Human Resource Capital Management System Consultants

Human Resource Capital Management (HRM)

Human Resource Capital Management System (manajemen sumber daya manusia) adalah bidang manajemen yang khusus mempelajari hubungan dan peranan manusia dalam organisasi perusahaan. HR manajemen lebih fokus membahas mengenai pengaturan peranan manusia dalam mewujudkan peranan yang optimal. Pengaturan itu meliputi masalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalian, pengadaan, pengembangan, kompensasi, pengintegrasian, pemeliharaan, kedisiplinan,  dan pemberhentian tenaga kerja untuk membantu terwujudnya tujuan perusahaan.

Peranan Human Resource Capital Management System  dapat diringkas menjadi beberapa hal berikut:

1. menetapakan jumlah, kualitas tenaga kerja di perusahaan yang efektif sesuai dengan kebutuhan perusahaan berdasarkan job description, job spesicifation, job requirement, dan job evaluation.

2. Menetapkan penarikan, seleksi dan penempatan karyawan berdasarkan asas the right man in the right place and the right man in the right job.

3. Memonitor dan mengimplementasikan undang-undang dan peraturan yang berlaku mengenai ketenagakerjaan.

4. Menetapakan program kesejahteraan, pengembangan, promosi dan pemberhentian.

Fungsi pertama dari manajemen sumber daya manusia (Human Resource Capital Management System) adalah pengadaan atau procurement. Proses pengadaan bukanlah proses yang mudah justru sebaliknya karena untuk mendapatkan dan menempatkan orang-orang yang kompeten, serasi, serta efektif tidaklah semudah membeli dan menempatkan mesin.

Karyawan adalah asset utama perusahaan yang menjadi perencana dan pelaku aktif dari setiap aktivitas organisasi. Pengadaan karyawan harus didasarkan pada prinsip apa baru siapa. Apa artinya kita harus terlebih dahulu menetapkan pekerjaan-pekerjaannya berdasarkan uraian pekerjaan. Siapa artinya kita baru mencari orang-orang yanng tepat untuk menduduki jabatan tersebut berdasarkan spesifikasi pekerjaan.

Job Analysis perlu dilakukan agar dapat mendesign organisasi serta menetapkan uraian pekerjaan dan evaluasi pekerjaan. Job Analysis adalah menganalisa dan mendesain pekerjaan apa saja yang harus dikerjakan, bagaimana mengerjakannya dan mengapa pekerjaan ini harus dilakukan.

SIEN Consultants adalah perusahaan Konsultan HR,  Human Resource Capital Management System Consultants dimana salah satu divisinya adalah services dibidang HR Manajemen yang meliputi:

a. HR Consultation

b.  Training and Development

c.  People and Organization Assessment

d.  Manpower Supply and Outsourcing

e. Organization Development

f. Payroll Outsourcing

g. Business Process Development

h. Job Analysis

i.  Employee Grading and Appraisal

Konsultan HR-Human Resource Capital Management System Consultants

Hubungi kami:

Konsultan HRM
Human Resource Capital Management System Consultants

untuk mendapatkan Penawaran khsusus konsultasi dan Training di perusahaan anda.

Ph : 021-3398 0073 | 021-362 33 226 | info@konsultan-manajemen.com

http://digg.com/business_finance/konsultan_HR_manajemen_manajemen_sdm

 

Audit Retail Penting bagi Pebisnis Retail

Wednesday, August 19th, 2009

Mungkin sebagai pelaku retail, kita jarang mendengar istilah audit retail. Hal kecil dan sederhana namun sangat besar dampaknya jika dilakukan dengan baik dan konsisten.

Apa yang dimaksud audit retail?

Sejumlah retail besar biasanya sudah menerapkan konsep audit yang banyak mengacu pada istilah audit itu sendiri yaitu mencari, menemukan dan membenahi sistem manajemen retail yang mencakup berbagai bidang divisi seperti operasional, accounting financial, human resources, lay out, supply chain dan warehousing. Dalam audit kita berusaha menemukan ketidaksesuaian atau ketidak cocokan antara yang di dokumen dengan yang ada dilapangan atau yang ada dalam standard perusahaan dengan yang terjadi di lapangan. Bisa juga audit retail dilakukan dengan maksud tertentu seperti untuk mengetahui lay out dari barang dagangan yang kita sudah lakukan atau untuk mengetahui kebocoran barang stock di gudang atau di toko itu sendiri.

Siapa yang bisa Melakukan Audit Retail?

Perusahaan biasanya jarang memiliki divisi audit karena dianggap tidak berguna. Padahal audit dapat dilakukan oleh divisi di internal perusahaan atau oleh konsultan retail berpengalaman untuk menjaga independensi. Jika audit retail dilakukan oleh divisi internal maka orang-orang di dalam tim audit itu harus independent dan bisa dipercaya. Nah untuk hal ini biasanya manajemen perusahaan kurang percaya dengan karyawannya yang notabene bisa saja melakukan kong kalingkong dengan bagian lain untuk melakukan kecurangan. Jika audit retail dilakukan oleh konsultan retail, maka harus dicari konsultan retail yang bisa dipercaya dan memiliki integritas tinggi serta memiliki sumber daya manusia (konsultan retail) yang berpengalaman. Diharapkan dengan demikian bisa menemukan ketidaksesuaian atau mencari kebolongan di dalam sistem manajemen perusahan retail. Hasil dari audit retail nantinya hanya bisa dinikmati oleh manajemen perusahaan sebagai pemilik dari perusahaan.

Berkaca dari pengalaman, audit retail sebaiknya tidak diberitahukan kepada karyawan yang akan kita audit. Jika kita sudah memberitahukan kepada karyawan yang bersangkutan untuk melakukan audit maka jauh-jauh hari sebelumnya pasti akan dilakukan persiapan untuk menutupi kecurangan yang pernah dilakukan. Bisa juga kita melakukan audit dengan menggunakan pihak ketiga yang menyamar sebagai pembeli atau pemasok barang, sehingga dengan kondisi misalnya pakaian kotor dan bau apakah pelayan masih bisa melayani kita? apakah orang divisi gudang akan melakukan kecurangan dengan barang yang kita pasok. Nah banyak teknik untuk melakukan audit retail.

Sayang sekali jika kita sudah memiliki retail yang berkembang dengan bagus, namun kita hanya percaya pada karyawan tanpa mengetahui apa yang mereka lakukan di dalam perusahaan kita. Mari kita lakukan audit retail untuk menjaga keutuhan nilai dari karyawan kita dan asset perusahaan.

http://konsultan-manajemen.com/2009/08/audit-retail-penting-bagi-pebisnis-retail

Blessing Bisnis

Sunday, June 7th, 2009

Jika kita teliti dari kata blessing artinya diberkati dan bisnis adalah usaha yang mendatangkan keuntungan. Jadi, blessing bisnis adalah bisnis yang diberkati. Diberkati oleh siapa? Mari kita lihat dan selidiki lebih jauh. Sebagai pebisnis tujuan utama adalah mencari profit sebanyak-banyaknya untuk mengembalikan investasi yang kita tanamkan dan kemudian mendatangkan kemakmuran yang kita harapkan.  Dalam agama diberkati memiliki makna bahwa orang atau pelaku bisnis harus mengikuti aturan dan ajaran dari sang pencipta atau Tuhan. Artinya, harus ada usaha dari pelaku bisnis untuk menjadi mengikuti aturan agama dengan baik dan benar termasuk dalam bisnis.

Bisnis yang kita geluti sering dipisahkan, baik secara sengaja maupun tidak sengaja, dari persoalan keagamaan. Business is business. Bisnis adalah bisnis. Hal ini yang sering kita dengar dan kita terapkan.

(more…)

Bagaimana Konsultan Bisnis Membantu Bisnis Keluarga menjadi Perusahaan dengan Manajemen Bisnis Professional?

Saturday, June 6th, 2009

Dalam artikel saya kali ini saya ingin membahas bisnis yang mula-mulanya adalah bisnis keluarga menjadi bisnis yang professional dengan penanganan yang benar dan manajemen bisnis yang handal.

Sebagai ilustrasi bisnis keluarga, Anda tentu pernah mendengar bahwa keluarga si A yang memiliki bisnis dibidang tertentu sekarang memiliki perusahaan dalam bidang tertentu yang dimulai dari Ayahnya dan sekarang akan diturunkan kepada generasi berikutnya atau anaknya. Dalam masa generasi pertama (dalam hal ini sang ayah) bisnis dikelola dengan system keluarga dimana dari hampir semua departemen penting atau jabatan penting dipegang oleh anggota keluarga dan hampir tidak ada satu jabatan penting dalam perusahaan yang dipegang oleh professional yang ahli dibidangnya. Sebagai pelaku bisnis anda pasti tahu dan saya yakin kita semua sependapat bahwa anggota keluarga (anggota keluarga diartikan masih adanya pertalian darah) diasumsikan bisa dipercaya dibandingkan dengan orang lain meskipun dia itu professional yang ahli dibidangnya.

(more…)

Bagaimana Membangun Manajemen Ritel dengan Baik?

Thursday, May 14th, 2009

Saat ini bisnis ritel merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang baik dan terus berkembang. Pengelolaan bisnis ritel membutuhkan kesiapan pengelola dalam semua sisi manajemen. Kelemahan dalam satu sisi manajemen ritel akan membuat peritel mengalami kendala dalam mengelola dan memacu industri ritel bekerja dengan baik dan cepat.

Masalah umum yang dihadapi oleh pebisnis ritel -terutama pebisnis baru-  saat ini adalah masalah manajemen. Mereka biasanya membuka ritel dengan tanpa konsep atau tanpa manajemen strategi ritel yang matang.

Dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai manajemen ritel mulai dari strategi pemasaran ritel, strategi financial dan keuangan ritel, strategi lokasi ritel, manajemen sumber daya manusia ritel, Informasi sistem dan supply chain manajemen ritel hingga manajemen hubungan customer.

(more…)

Membedah Strategi Bisnis Perusahaan

Monday, April 13th, 2009

Strategi merupakan alat untuk mencapai tujuan perusahaan dalam kaitannya dengan tujuan jangka panjang, program tindak lanjut, serta prioritas alokasi sumber daya. Suatu perusahaan dapat mengembangkan strategi untuk mengatasi ancaman eksternal dan merebut peluang yang ada. Proses analisis, perumusan dan evaluasi strategi-strategi itu disebut perencanaan strategis. Tujuan perencanaan strategis itu adalah agar perusahaan dapat melihat secara objektif kondisi internal dan eksternal perusahaan sehingga dapat mengantisipasi perubahan dari lingkungan eksternal perusahaan.

Pada prinsipnya strategi dapat dibagi menjadi tiga tipe strategi yaitu, strategi manajemen, strategi investasi dan strategi bisnis. Strategi manajemen meliputi strategi yang dapat dilakukan oleh manajemen dengan orientasi pada pengembangan strategi perusahaan secara makro seperti strategi pengembangan produk, strategi persaingan harga, strategi pengembangan pasar, strategi akuisisi dan lain lain. Strategi investasi ditekankan pada investasi itu sendiri. Misalnya apakah perusahaan ingin melakukan strategi pertumbuhan agresif atau slow down. Strategi bisnis sering juga disebut dengan strategi fungsional karena berkaitan dengan fungsi-fungsi manajemen di perusahaan seperti strategi pemasaran, strategi produksi, strategi operasional atau strategi distribusi, strategi organisasi dan  lain-lain.

(more…)

ISO Consultancy Center

Head Office :
Jl. Kyai Caringin No.20A Cideng
Jakarta Pusat-10150
Ph/fax : 021-630 6560 (Hunting)
Hotline : : +6221-3398 0073 or .
+6221-7077 3509
Hotline SMS : 0818.480.825
email : info@sienocnsultant.com

ISO_Consultant_Training_ISO9001_KonsultanISO_Pelatihan_ISO_14001
Kecewa dengan Staf Kami ?
Laporkan ke Manajemen

Public Training & Pelatihan ISO

Public Training for ISO Standard, Pelatihan ISO dengan ISO Consultants / Konsultan ISO Terbaik di Indonesia

Jadwal Public Training 2013
Klik Disini

GrowUrl.com - growing your website

Free Submit
Add This

Bookmark and Share

Online Consultancy

Chat with ISO Consultants:

Alex
Mila
Venty
Yoyo
Ali Purba
Vivien

We are "ISO Consultants & Training Provider" ready to helps you
September 2017
M T W T F S S
« Sep    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
Internet Marketing

ISO Consultants – Alexa

Management Consultant-MapCluster
Business Services
Find Our Office : Konsultan ISO

ISO9001 Consultants, ISO Training, Sertifikat ISO,QMS,Konsultan ISO, Pelatihan ISO9001,ISO14001,ISO27001,ISO22000,SA8000 OHSAS18001,ISO50001,5S,SOP