Konsultan Manajemen SDM,HRD,Human Resource Management,HRM Consultants

Konsultan SDM,HRD,Human Resource Management,HRM Consultant,Pelatihan Sumber Daya Manusia

Konsultan Manajemen,SDM,HRD,Human Resource Management,HRM Consultant
Konsultasi ISO,SOP,FS, Feasibilty Study,Bisnis Plan,Pelatihan Sumber Daya Manusia ,HR Consulting

Konsultan ISO,Sistem Manajemen Mutu,HR Capital Consultants,ISO9001,HRD,SDM
SOP,ISO9001,ISO Consultants,ISO14001,ISO22000,ISO50001,OHSAS18001,Bisnis Plan

Konsultan Manajemen SDM,Sumber Daya Manusia,HRD, HRM Consultants
SOP,ISO Consultant,ISO9001,ISO14001,ISO22000,ISO50001,OHSAS18001,Bisnis Plan

Posts Tagged ‘Rencana Pemasaran’

Audit Retail Penting bagi Pebisnis Retail

Wednesday, August 19th, 2009

Mungkin sebagai pelaku retail, kita jarang mendengar istilah audit retail. Hal kecil dan sederhana namun sangat besar dampaknya jika dilakukan dengan baik dan konsisten.

Apa yang dimaksud audit retail?

Sejumlah retail besar biasanya sudah menerapkan konsep audit yang banyak mengacu pada istilah audit itu sendiri yaitu mencari, menemukan dan membenahi sistem manajemen retail yang mencakup berbagai bidang divisi seperti operasional, accounting financial, human resources, lay out, supply chain dan warehousing. Dalam audit kita berusaha menemukan ketidaksesuaian atau ketidak cocokan antara yang di dokumen dengan yang ada dilapangan atau yang ada dalam standard perusahaan dengan yang terjadi di lapangan. Bisa juga audit retail dilakukan dengan maksud tertentu seperti untuk mengetahui lay out dari barang dagangan yang kita sudah lakukan atau untuk mengetahui kebocoran barang stock di gudang atau di toko itu sendiri.

Siapa yang bisa Melakukan Audit Retail?

Perusahaan biasanya jarang memiliki divisi audit karena dianggap tidak berguna. Padahal audit dapat dilakukan oleh divisi di internal perusahaan atau oleh konsultan retail berpengalaman untuk menjaga independensi. Jika audit retail dilakukan oleh divisi internal maka orang-orang di dalam tim audit itu harus independent dan bisa dipercaya. Nah untuk hal ini biasanya manajemen perusahaan kurang percaya dengan karyawannya yang notabene bisa saja melakukan kong kalingkong dengan bagian lain untuk melakukan kecurangan. Jika audit retail dilakukan oleh konsultan retail, maka harus dicari konsultan retail yang bisa dipercaya dan memiliki integritas tinggi serta memiliki sumber daya manusia (konsultan retail) yang berpengalaman. Diharapkan dengan demikian bisa menemukan ketidaksesuaian atau mencari kebolongan di dalam sistem manajemen perusahan retail. Hasil dari audit retail nantinya hanya bisa dinikmati oleh manajemen perusahaan sebagai pemilik dari perusahaan.

Berkaca dari pengalaman, audit retail sebaiknya tidak diberitahukan kepada karyawan yang akan kita audit. Jika kita sudah memberitahukan kepada karyawan yang bersangkutan untuk melakukan audit maka jauh-jauh hari sebelumnya pasti akan dilakukan persiapan untuk menutupi kecurangan yang pernah dilakukan. Bisa juga kita melakukan audit dengan menggunakan pihak ketiga yang menyamar sebagai pembeli atau pemasok barang, sehingga dengan kondisi misalnya pakaian kotor dan bau apakah pelayan masih bisa melayani kita? apakah orang divisi gudang akan melakukan kecurangan dengan barang yang kita pasok. Nah banyak teknik untuk melakukan audit retail.

Sayang sekali jika kita sudah memiliki retail yang berkembang dengan bagus, namun kita hanya percaya pada karyawan tanpa mengetahui apa yang mereka lakukan di dalam perusahaan kita. Mari kita lakukan audit retail untuk menjaga keutuhan nilai dari karyawan kita dan asset perusahaan.

http://konsultan-manajemen.com/2009/08/audit-retail-penting-bagi-pebisnis-retail

Bagaimana Meningkatkan Produktivitas Kerja Perusahaan?

Tuesday, July 28th, 2009

Produktivitas kerja menjadi titik perhatian dari manajemen organisasi setiap akhir tahun ketika laporan keuangan disajikan. Sering kali produktivitas kerja juga dikeluhkan oleh pimpinan perusahaan karena karyawan tidak mampu mengikuti standard produktivitas yang diinginkan pimpinan. Oleh karena itu perlu adanya suatu mekanisme atau cara agar produktivitas kerja bisa dicapai dan dilaksanakan oleh seluruh karyawan dan divisi perusahaan.

Aspek yang ingin saya kembangkan dalam meningkatkan produktivitas perusahaan ada beberapa aspek.

(more…)

KONSULTAN RETAIL, AUDIT RITEL DAN TRAINING RETAIL

Sunday, June 14th, 2009

Industri retail berubah dengan cepat. Perubahan-perubahan itu dapat dilihat dari 1). Perbedaan yang mendasar dan terus berkembang dalam format retail. 2). meningkatnya konsentrasi industri. 3). Globalisasi dan 4). Penggunaan berbagai cara untuk berinteraksi dengan konsumen.

Saat ini konsumen dapat membeli barang yang sama dari sejumlah retail yang berbeda. Masing-masing format retail menargetkan pangsa pasar yang berbeda dan yang semakin meningkat. Tiap jenis retail menawarkan manfaat yang berbeda, sehingga para konsumen bisa berlangganan pada retail yang berbeda untuk pembelian dan kebutuhan yang berbeda.

(more…)

Bagaimana Konsultan Bisnis Membantu Bisnis Keluarga menjadi Perusahaan dengan Manajemen Bisnis Professional?

Saturday, June 6th, 2009

Dalam artikel saya kali ini saya ingin membahas bisnis yang mula-mulanya adalah bisnis keluarga menjadi bisnis yang professional dengan penanganan yang benar dan manajemen bisnis yang handal.

Sebagai ilustrasi bisnis keluarga, Anda tentu pernah mendengar bahwa keluarga si A yang memiliki bisnis dibidang tertentu sekarang memiliki perusahaan dalam bidang tertentu yang dimulai dari Ayahnya dan sekarang akan diturunkan kepada generasi berikutnya atau anaknya. Dalam masa generasi pertama (dalam hal ini sang ayah) bisnis dikelola dengan system keluarga dimana dari hampir semua departemen penting atau jabatan penting dipegang oleh anggota keluarga dan hampir tidak ada satu jabatan penting dalam perusahaan yang dipegang oleh professional yang ahli dibidangnya. Sebagai pelaku bisnis anda pasti tahu dan saya yakin kita semua sependapat bahwa anggota keluarga (anggota keluarga diartikan masih adanya pertalian darah) diasumsikan bisa dipercaya dibandingkan dengan orang lain meskipun dia itu professional yang ahli dibidangnya.

(more…)

Bagaimana Membangun Manajemen Ritel dengan Baik?

Thursday, May 14th, 2009

Saat ini bisnis ritel merupakan salah satu usaha yang memiliki prospek yang baik dan terus berkembang. Pengelolaan bisnis ritel membutuhkan kesiapan pengelola dalam semua sisi manajemen. Kelemahan dalam satu sisi manajemen ritel akan membuat peritel mengalami kendala dalam mengelola dan memacu industri ritel bekerja dengan baik dan cepat.

Masalah umum yang dihadapi oleh pebisnis ritel -terutama pebisnis baru-  saat ini adalah masalah manajemen. Mereka biasanya membuka ritel dengan tanpa konsep atau tanpa manajemen strategi ritel yang matang.

Dalam tulisan ini saya akan membahas mengenai manajemen ritel mulai dari strategi pemasaran ritel, strategi financial dan keuangan ritel, strategi lokasi ritel, manajemen sumber daya manusia ritel, Informasi sistem dan supply chain manajemen ritel hingga manajemen hubungan customer.

(more…)

Konsultan Study Kelayakan – Feasibility Study Consultants Berpengalaman di Indonesia

Monday, March 16th, 2009

Konsultan Study Kelayakan - Feasibility Study Consultants Indonesia

STUDI KELAYAKAN BISNIS

Studi kelayakan bisnis (Feasibility Study) adalah suatu analisis terhadap viability (diteruskan atau tidak) suatu ide. Fokus dari suatu study kelayakan adalah untuk mampu menjawab pertanyaan penting  “should we procced with the proposed project idea?, sehingga segala aktivitas dalam studi kelayakan bertujuan untuk membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Mengetahui lebih awal bahwa suatu ide tidak bekerja sesuai diharapkan akan dapat mencegah penggunaan uang, waktu dan sumber daya secara sia-sia.

Feasibility Study vs Business Plan 

Studi Kelayakan Bisnis  bukanlah suatu business plan (bisnis plan), hal ini seringkali disalah artikan.

Studi Kelayakan (Feasibility Study) memiliki fungsi investigasi, sedangkan business plan (bisnis plan) memiliki fungsi planning/perencanaan yang beisikan langkah-langkah yang diperlukan untuk mewujudkan suatu proposal dari suatu ide menjadi kenyataan.

Studi Kelayakan Bisnis mempertimbangkan dan mengkaji beberapa alternatif, yang nantinya akan dikaji untuk mendapatkan alternatif terbaik, sedangkan business plan (bisnis plan) berisi hanya satu alternatif.

Hasil dari Feasibility Study akan menjadi basis bagi  bisnis plan yang mulai dipersiapkan jika sudah diketahui bahwa suatu alternatif itu layak untuk dilanjutkan. Bisnis plan berisikan “blueprint” dari project implementation.

Kenapa perlu dilakukan Feasibility Study?

Jika kita mengkaji investasi-investasi yang telah berhasil, akan kita temui bahwa rencana investasi tidak akan dilakukan tanpa melalui proses penilaian terhadap hal-hal penting dan menganalisis kemungkinan keberhasilan dari investasi yang akan dilakukan. Karena itu Studi Kelayakan merupakan suatu langkah krisis dan penting dalam suatu investasi. Jika dilaksanakan secara tepat akan memberikan investasi yang terbaik.

Berikut ini adalah alasan kenapa Feasibility Study perlu untuk dilaksanakan.

a.       Memunculkan beberapa alternatif sehingga memberikan arah atau fokus terhadap rencana investasi.

b.       Mengurangi alternatif-alternatif yang ada.

c.       Memberikan alasan untuk melanjutkan atau tidak melanjutkan suatu investasi.

d.       Meningkatkan kemungkinan untuk sukses atau tercapainya tujuan investasi dengan cara mengidentifikasikan dan menanggulangi pengaruh dari proyek sedini mungkin.

e.      Menyediakan informasi yang berkualitas bagi pengambil keputusan.

f.        Menyediakan bahan untuk menarik minat investor.

Apa yang kami sediakan dalam konsultan study kelayakan bisni  ini?

Service kami untuk study kelayakan bisnis (Feasibility Study) ini adalah:

  1. Study kelayakan (Feasibility Study) bisnis di bidang Industri seperti Pabrik (factory), Assembling, dan sejenisnya
  2. Study Kelayakan (Feasibility Study) bisnis di bidang Perdagangan seperti eksport import, distributor dan sejenisnya
  3. Study Kelayakan (Feasibility Study) bisnis dibidang Retail (ritel) seperti pembukaan toko, pembentukan system franchising, dan sejenisnya
  4. Study Kelayakan bisnis (Feasibility Study) dibidang Jasa seperti  jasa kurier, baby sister, konsultan dan sejenisnya
  5. Study Kelayakan bisnis (Feasibility Study) dibidang Marketing seperti perluasan pasar regional dan internasional, perluasan pasar ekspor dan sejenisnya.
  6. Study Kelayakan (Feasibility Study) dibidang Satelite, akses internet cepat, telekomunikasi dll
  7. Study Kelayakan (Feasibility Study) di bidang hotel, restaurant, mall, pusat hiburanpusat kebugaran dll

Lingkup Kegiatan Feasibility Study

Secara umum suatu studi kelayakan (Feasibility Study) terdiri atas 3 (tiga) komponen utama yaitu:

a.      Analisis Kebutuhan

b.     Study Kelayakan Teknis

c.     Study Kelayakan Finansial

a.       Analisis Kebutuhan

Hal paling penting yang harus dikaji dalam suatu studi kelayakan bisnis (Feasibility Study) adalah ada tidaknya potensi kebutuhan akan investasi yang dimaksud. Data-data yang dibutuhkan didapat dengan melakukan survey/pengumpulan data sekunder maupun primer serta kajian yang tepat.

b.      Kelayakan Teknis

Secara teknik perlu dilakukan kajian terhadap lokasi investasi yang tepat serta solusi-solusi teknik dalam proyek tersebut.

c.      Kelayakan Finansial

Berdasarkan estimasi yang dilakukan untuk 2 aspek di atas, analisis kelayakan finansial dapat dilakukan. Hal-hal yang perlu diketahui adalah:

a. Start-Up Costs

b. Operating Costs

c. Revenue Projections

d. Sources of Financing

e. Profitability Analisis

Hasil  Studi Kelayakan (Feasibility Study) Bisnis

Hasil dari suatu studi kelayakan (Feasibility Study) akan berisikan kajian secara mendalam atas berbagai alternatif tersebut.

Penentuan alternatif terbaik bukan merupakan target suatu studi kelayakan  (Feasibility Study) bisnis , karena yang harus disajikan adalah atas masing-masing alternatif secara mendalam. Adalah bukan tugas dari pelaksana studi kelayakan (Feasibility Study) bisnis untuk menentukan apakah investasi tersebut dihentikan atau diteruskan. Keputusan atas hal ini ada di pemberi pekerjaan.

STUDY KELAYAKAN BISNIS (FEASIBILITY STUDY) OLEH SIEN CONSULTANTS:

Study Kelayakan yang disediakan pada dasarnya kami bisa menyediakan untuk semua bidang usaha dan bisnis, mulai dari ritel (retail), marketing, manufacture, satelite, trading, services, hotel, mall, dll.

DAPATKAN INFORMASI LENGKAP :

Konsultan SOP - Standard Operating Procedure Consultants Indonesia

Hubungi kami:

Konsultan Study Kelayakan – Feasibility Study Consultants Indonesia

untuk mendapatkan Penawaran khsusus konsultasi dan penyususunan FS di perusahaan anda.

Ph : 021-3398 0073 | 021-362 33 226 info@konsultan-manajemen.com

Ms. Mila (Business Consultants)

 

http://digg.com/business_finance/KONSULTAN_FEASIBILITY_STUDY_KONSULTAN_STUDY_KELAYAKAN
ISO Consultancy Center

Head Office :
Jl. Kyai Caringin No.20A Cideng
Jakarta Pusat-10150
Ph/fax : 021-630 6560 (Hunting)
Hotline : : +6221-3398 0073 or .
+6221-7077 3509
Hotline SMS : 0818.480.825
email : info@sienocnsultant.com

ISO_Consultant_Training_ISO9001_KonsultanISO_Pelatihan_ISO_14001
Kecewa dengan Staf Kami ?
Laporkan ke Manajemen

Public Training & Pelatihan ISO

Public Training for ISO Standard, Pelatihan ISO dengan ISO Consultants / Konsultan ISO Terbaik di Indonesia

Jadwal Public Training 2013
Klik Disini

GrowUrl.com - growing your website

Free Submit
Add This

Bookmark and Share

Online Consultancy

Chat with ISO Consultants:

Alex
Mila
Venty
Yoyo
Ali Purba
Vivien

We are "ISO Consultants & Training Provider" ready to helps you
November 2017
M T W T F S S
« Sep    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
Internet Marketing

ISO Consultants – Alexa

Management Consultant-MapCluster
Business Services
Find Our Office : Konsultan ISO

ISO9001 Consultants, ISO Training, Sertifikat ISO,QMS,Konsultan ISO, Pelatihan ISO9001,ISO14001,ISO27001,ISO22000,SA8000 OHSAS18001,ISO50001,5S,SOP